Minggu, 29 April 2012

Perpustakaan di Universitas BSI Bandung

Dalam menghadapi era globalisasi, tantangan yang dihadapi perguruan tinggi di Indonesia, semakin besar dan kompleks, baik yang ditimbulkan oleh dinamika internal maupun eksternal. Perguruan tinggi harus terus berupaya mewujudkan visi, misi dan tujuannya dengan tetap berpijak pada akar budaya yang ada. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perpustakaan adalah salah satu basis penyangga peradaban bangsa. Perkembangan jaman dan globalisasi telah memberikan dampak yang cukup positif terhadap aliran informasi. Agar tidak ketinggalan zaman dan bangsa ini menjadi lebih cerdas, mau tidak mau, perpustakaan sebagai gudang ilmu, sumber informasi harus dikelola dengan professional agar mampu berkiprah di dunia internasional.
BSI sendiri adalah salah satu kampus yang menyediakan salah satu fasilitas perpustakaan yang memang diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin membaca segala materi kuliah yang diperlukan atau sumber-sumber yang membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugasnya. Kelengkapan buku-buku di perpustakaan Universitas BSI sejauh ini sudah sangat lengkap dan dapat memenuhi segala keperluan mahasiswanya atas tugas yang dosen berikan kepada mahasiswa BSI sendiri. Serta kelengkapan buku-buku bagi jurusan Fakultas Ilmu Komunikasi sendiri sudah sangat lengkap, sehingga sangat membantu bagi mahasiswa  yang membutuhkan referensi untuk dijadikan bahan tugas maupun untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu Komunikasi.
Kondisi perpustakaan di kampus BSI untuk saat ini sudah jauh lebih nyaman untuk kita kunjungi kapanpun kita menginginkannya. Ruang perpustakannya telah difasilitasi dengan AC, sehingga kita akan merasa sangat nyaman apabila kita sedang membaca buku di ruang perpustakaan. Membahas tentang lokasinya, perpustakaan di kampus BSI berada di lantai 5. Dilihat dari letaknya sendiri yang berada dilantai 5, sebenarnya kurang begitu strategis dikarenakan sangat jauh dari pintu masuk utama kampus. Sehingga terkadang mahasiswa yang sedang dilantai bawah agak riskan apabila ingin menyempatkan waktunya untuk membaca. Tetapi disisi lain sebenarnya yang memiliki minat untuk berkunjung atau menyempatkan waktunya untuk membaca pun sangat banyak terbukti sering terlihat mahasiswa yang berada didalam perpustakaan. Jadi, walaupun di lantai 5 bukan berarti minat mahasiswa berkurang untuk berkunjung ke perpustakaan.
Perpustakaan di Universitas BSI saat ini sudah jauh lebih berkembang dari sebelumnya. Buktinya bisa kita lihat sendiri dari ketersediaan buku yang minimalis, dan sedikit demi sedikit sudah terasa perbedaannya dari kelengkapan buku-bukunya yang sudah sangat lengkap untuk masing-masing jurusan di universitas BSI ini. Kemajuannya memang sangat terasa dari tahun ke tahunnya mengenai kelengkapan buku-buku di Universitas BSI.
Sejauh ini Universitas BSI telah memenuhi semua kebutuhan mahasiswa, serta menanamkan secara perlahan mengenai kecintaannya terhadap membaca dan memberikan kelengkapan atas segala kebutuhan buku yang diperlukan oleh mahasiswa dan Universitas, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi semua mahasiswa dan seluruh pihak Universitas BSI Bandung.
Dengan makin tumbuhnya minat baca serta banyaknya artikel tentang perpustakaan yang mempromosikan perpustakaan di Indonesia dan di setiap Universitas, harapan ke depannya adalah perpustakaan dapat menjadi jantungnya ilmu pengetahuan di negara ini.

                                                                                                                                                     
Oleh :
Septiani Dwi .N.
Jurusan Fakultas Ilmu komunikasi
45090060 - 45.6B.33

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             

0 komentar:

Dí lo que piensas...